h1

ANTARA EGO DAN IDEALISME

May 9, 2010

malam itu begitu gemeliat, hingga tak ku pedulikan debat kusir itu. Sesuatu yg kadang terlewatkan tanpa kita sadari..

Beberapa orang beranggapan bahwa apa yang dipikirkannya terkadang yakin bahwa sesuatu itu benar mutlak adanya. Persepsi itu timbul bukan hanya karena rasa jelinya ia mengambil kesimpulan atau menelaah pengalaman hidup, namun bisa juga karena ego ataupun emosi sesaat. Itu hal yang wajar terjadi bagi seseorang yang memiliki idealisme tinggi yang dalam setiap langkahnya tidak ingin sedikitpun gagal atau tidak memberikan kontribusi yang berarti bagi jalan hidupnya dan lingkungannya.

Sebuah nasihat dari rekan saya yang mengajak saya untuk berpikir terbuka, memandang hidup ini lebih luas lagi dan mendahulukan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Meyakinkan pada diri saya bahwa kebahagiaan milik bersama itu lebih nikmat dan membanggakan. Menjadi tulang punggung seorang diri memang lebih sulit daripada menjadi tulang rusuk yang berbaris sejajar.

Saya teringat pada diri saya yang ketika itu sedang ospek, dengan selembar kertas saya disuruh menuliskan cita-cita atau impian saya lima tahun kedepan serta faktor-faktor apa saja yang membuat saya dapat mencapi impian tersebut. Sangat sulit dijawab bagi orang seperti saya yang belum jelas kemana arah dan tujuan hidup saya?.. Pertanyaan itu berlanjut, apakah prinsip-prinsip yang saya pegang selama ini telah membawaku kearah yang lebih baik atau sebaliknya??..

Prinsip-prinsip hidup itu telah mencirikan pribadi seseorang, ia sulit dirubah atau diperbaiki apabila telah mengakar sekian lama. Entah baik atau buruk ia hanya bisa dikenal lewat interaksi antar sesama. Jika ia senantiasa teguh pada prinsip hidupnya dan mau melihat serta mentolerir perbedaan maka ia sedang menemukan prinsip hidup sebenarnya..

Thanks to: Bro in Satub

2 comments

  1. hmmm..
    mau jadi apa kau 10 tahun ke depan?
    20 tahun kedepan?
    30 tahun ke depan??


    • kalu masih diberi umur, mu jadi Konservator Alam gan, yang bukan cuma sayang sama istri tapi juga lingkungan..hehehhe…



Leave a Reply

